From Good to Great

Nanang Qosim Yusuf (Naqoy) |

Ketua ALTAR UIN Syarif Hidayatullah Jakarta |

.

Banyak orang ingin melakukan perubahan from good to great hanya saja masalahnya adalah belenggu rasa nyaman yang berlebihan membuat dirinya tidak berani membuat sebuah terobosan, inovasi dan kreatifitas. Sebenarnya rasa nyaman itu sih boleh-boleh saja tapi kalau serba berlebihan itu yang tidak boleh karena menimbulkan penyakit manusia modern, dalam The7Awareness disebut Syndrom Toxic Success, sebuah sindrom bagi mereka yang ingin sukses tapi tidak pernah menggaai kesuksesan sejati. Dalam buku saya ada 12 ciri manusia modern yang terbelenggu oleh STS-nya, kesempatan kali ini saya ingin mengupas minimal 2 ciri mereka yang ingin berubah dari “good” menjadi “great”.

(1). Up and Down, mental kapal selam yang terkadang naik dan terkadang turun, kadang positif dan kadang negatif, kadang optimis dan kadang pesimis. Hidup membuatnya memilih namun sayang pilihanya adalah naik dan turun. Terkadang yakin dengan impian dan terkadang ragu dengan apa yang dikerjakan, hidup membuatnya terlalu berat meninggalkan rasa nyaman yang berlebihan, dirinya ingin olah raga namun hanya sebatas niat, dirinya ingin sholat tahajud tengah malam namun hanya sebatas niat.

(2). Polypasia, kehilangan fokus dan mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang sama, sering terlihat bingung dan penuh kecemasan.

Kedua contoh itu menunjukan bahwa rasa nyaman yang tinggi membuat kita terbelenggu di keadaan “good” bukan “great. Milikilah impian yang kuat dan berjuanglah dengan sumgguh-sungguh karena dituliskan bahwa “Man Jadda Wajada”, Siapa yang sungguh-sungguh pasti berhasil.

Be Transhuman
Otw Aceh Utara
Klik www.the7awareness.com

Pages:
Edit